Apa yang terlintas di pikiran Duta traveler jika mendengar kata VW Safari ? Yesss, Classic! Mobil VW yang mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1973 ini terkenal dengan sebutan VW Camat karena merupakan kendaraan camat pada saat itu. Saat ini, kendaraan tersebut sudah jarang kita temui melaju di jalanan kota besar. Namun, bila Duta Travellers berkunjung ke kota Magelang, ingatan kita tentang VW Camat ini kembali menyeruak. Yup, ada wisata terbaru, yakni keliling desa sekitaran Candi Borobudur menggunakan VW Camat, lengkap dengan topi Caping khas petani.

Kawasan Borobudur tengah giat menambah daya Tarik bagi wisatawatan. Selain wisata Candi, kini telah hadir wisata VW Safari yang beroperasi sejak 2017. Berbagai VW antik keluaran tahun 1973 hingga 1976 yang berwarna-warni siap menemani liburan Duta Travellers saat berkunjung kesana. Bentuk dan warna mobil  yang sangat instagenic tersebut tentunya mengundang niat Duta Travellers untuk mengabadikannya.

Tidak seperti wisata keliling desa kawasan Borobudur dengan andong dan sepeda, wisata VW Safari memungkinkan kita untuk mencapai area yang lebih luas. Mobil antik dngan warna-warna yang mencolok akan mengantar Duta Travellers menikmati keindahan pedesaan dan obyek wisata sekitar kawasan Candi Borobudur. Pohon-pohon kelapa yang berjejer rapi sepanjang jalan pedesaan yang masih asri sangat memanjakan mata Duta Travellers.

Sepanjang perjalanan, Duta Travellers bisa menikmati hijaunya sawah dan kebun. Ada beberapa spot foto yang menarik sepanjang perjalanan yang bisa anda abadikan. Agar hasil jepretannya semakin instagenic, sebaiknya Duta travelers menggunakan caping dan kacamata. Caping dan kacamata selain membuat foto menjadi keen, juga melindungi wajah dari terik matahari. Selain berkeliling desa dan berswafoto, aktifitas lain yang bisa dilakukan adalah mengunjungi home industry sekitar candi.  Pembuatan kerajinan lokal, seperti gerabah dan batik, akan menambah wawasan pengetahuan dan menjadi pengalaman baru yang sangat berharga. Duta Travellers tertarik untuk mencobanya ?

Keliling desa dengan VW Camat

Jam operasi VW Borobudur dan Jumlah Armada

Jumlah armada yang melayani kegiatan keliling desa wisata Borobudur sampai saat ini kurang lebih ada 51 Kendaraan. Saat ini, ada tiga komunitas yang bergerak sebagai Operator VW Tour borobudur. Komunitas inilah yang secara resmi membantu  pengelola candi Borobudur untuk melayani permintaan VW Safari Borobudur supaya bisa memanjakan wisatawan yang berkunjung. Di kawasan Borobudur, VW ini beroperasi mulai dari jam 09.00  sampai dengan jam 16.00 sesuai dengan jam buka candi Borobudur. Tetapi, operator-operator itupun melayani permintaan khusus di luar jam tersebut, semisal paket Sunrise Borobudur, yang tentunya akan menaikan harga sewanya.

Biaya VW Safari Tour

VW Safari Borobudur memiliki 3 rute pilihan, yaitu rute pendek, sedang dan panjang. Inilah harga sewa VW Safari Borobudur, baik untuk perorangan maupun group :

  • Paket Short

Harga resmi untuk paket short (rute pendek) wisata VW Safari Borobudur adalah sekitar Rp 350.000/unit dengan durasi 2 – 2,5 jam perjalanan. Paket short route akan mengajak kita untuk menjelajah desa sekitar candi Borobudur dan 2 kunjungan ke home industry.

  • Paket Medium 

Harga resmi untuk paket medium (rute sedang) wisata VW Safari Borobudur adalah sekitar Rp 450.000/unit dengan durasi 3,5 – 4 jam perjalanan. Paket short route akan mengajak kita untuk menjelajah desa sekitar candi Borobudur dan 3 kunjungan ke home industry.

  • Paket Long 

Harga resmi untuk paket long (rute panjang) wisata VW Safari Borobudur adalah sekitar Rp 650.000/unit dengan durasi 5 – 6 jam perjalanan. Paket short route akan mengajak kita untuk menjelajah desa sekitar candi Borobudur dan 4 kunjungan ke home industry.